Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal itu tersebut terjadi juga jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).
Maka dapat disimpulkan telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital.
Kata Telematika itu sendiri berasal dari bahasa Perancis : “Telematique” (dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe). Telematika menurut Moedjiono (Deputi Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) ) yaitu : “Telematika” adalah istilah bahasa Indonesia yang kita (stakeholders) create sendiri, yaitu merupakan konvergensi dari Tele=”Telekomunikasi”, ma=”Multimedia” dan tika=”Informatika”, atau konvergensi dari “3C”, “content”, “Computing”, and “Communication”.
Istilah telematika itu sendiri sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
-
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
-
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
-
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Jadi dapat disimpulkan bahwa telematika merupakan suatu perpaduan perangkat keras (hardware) dan software yang merupakan media transmisi media elektromagnetik untuk dapat menyebarluaskan berbagai data baik itu multimedia atupun informasi dari suatu jaringan tertentu ke jaringan yang lain. Dengan era komunikasi saat ini maka telematika dapat ditemui dimanapun dan kapanpun, sebagai contoh penggunaan HP, PC Tablet dan internet merupakan salah satu bentuk aplikasi dari telematika yang banyak digunakan oleh masyarakat.
1.) Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses !
a. Jaringan Internet Wireless Gratis
Jaringan internet wireless yang mudah di akses, seperti di kampus, tempat makan, indomart, alfamart yang disediakan gratis kepada para mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke internet dan bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet.
b. Packet Internet Murah Dengan adanya packet internet murah yang disediakan provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet.
c. Media Social Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.
b. Packet Internet Murah Dengan adanya packet internet murah yang disediakan provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet.
c. Media Social Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak digunakan oleh user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.
2.) Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan
telematika pada bidang pendidikan!
Dengan berkembangnya teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi peranan telematika sangat dibutuhkan karena teknologi modern menyediakan layanan dan sumber informasi yang mudah diakses. Telematika sekarang sudah sangat jauh berkembang dan mengakselerasi perkembangan di zaman informasi. Peranannya sudah menyentuh berbagai bidang dalam kehidupan, salah satu contohnya dalam bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan, peran telematika sangat membantu terutama dalam kegiatan belajar mengajar. Contohnya penerapan telematika sendiri di bidang pendidikan diantaranya : e-learning, e-library, studentsite, dll
- E-Learning E-learning merupakan layanan yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secata tatap muka atau regular. E-learning di Indonesia telah diakui dan ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan no.20 tahun 2000 tentang sistem pendidikan nasional. Sudah cukup banyak lembaga atau institusi yang melakukan e-Learning dan biasanya dilakukan dengan mengirimkan berbagai materi kuliah dan informasi dalam bentuk cetakan, buku, CD-ROM, video langsung ke alamat peserta pendidikan jarak jauh. Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan kuliah secara langsung saja yang dikirimkan ke peserta tapi juga berbagai masalah administrasi dan manajemennya. Namun, sekarang ketika teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat, khususnya teknologi Internet.
- E-Library E- library merupakan layanan perpustakaan berbasis web yang kontennya berupa hasil penelitian, koleksi buku, serta arsip2 yang dapat diakses melaui internet. Dengan adanya e- library ini dapat membantu menjawab pemikiran kritis yang sedang belajar dan mencari ilmu sehingga sharing informasi pun menjadi lebih mudah.
- Sistem Administrasi Berbasis Web Sistem administrasi berbasis web merupakan web yang berisi jadwal, modul belajar, bahan kuliah, hasil penelitian dan segala berita menyakut pembelajaran yang ada di instansi pendidikan / sekolah. Contohnya baak dan studentsite gunadarma, dengan adanya sistem administrasi ini tentunya akan mempermudah mahasiswa/ siswa untuk mendapatkan informasi seputar tempat belajarnya, selain itu orang tua dapat memantau nilai dan kegiatan anak.
- Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi Untuk anak- anak kini pembelajaran tidak hanya dengan membaca, pembelajaran interaktif kini sedang dikembangkan . Pembelajaran melalui games merupakan hal yang nenyenangkan dan dapat membuat anak lebih tertarik untuk belajar.
- E-Learning E-learning merupakan layanan yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secata tatap muka atau regular. E-learning di Indonesia telah diakui dan ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan no.20 tahun 2000 tentang sistem pendidikan nasional. Sudah cukup banyak lembaga atau institusi yang melakukan e-Learning dan biasanya dilakukan dengan mengirimkan berbagai materi kuliah dan informasi dalam bentuk cetakan, buku, CD-ROM, video langsung ke alamat peserta pendidikan jarak jauh. Tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan kuliah secara langsung saja yang dikirimkan ke peserta tapi juga berbagai masalah administrasi dan manajemennya. Namun, sekarang ketika teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat, khususnya teknologi Internet.
- E-Library E- library merupakan layanan perpustakaan berbasis web yang kontennya berupa hasil penelitian, koleksi buku, serta arsip2 yang dapat diakses melaui internet. Dengan adanya e- library ini dapat membantu menjawab pemikiran kritis yang sedang belajar dan mencari ilmu sehingga sharing informasi pun menjadi lebih mudah.
- Sistem Administrasi Berbasis Web Sistem administrasi berbasis web merupakan web yang berisi jadwal, modul belajar, bahan kuliah, hasil penelitian dan segala berita menyakut pembelajaran yang ada di instansi pendidikan / sekolah. Contohnya baak dan studentsite gunadarma, dengan adanya sistem administrasi ini tentunya akan mempermudah mahasiswa/ siswa untuk mendapatkan informasi seputar tempat belajarnya, selain itu orang tua dapat memantau nilai dan kegiatan anak.
- Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi Untuk anak- anak kini pembelajaran tidak hanya dengan membaca, pembelajaran interaktif kini sedang dikembangkan . Pembelajaran melalui games merupakan hal yang nenyenangkan dan dapat membuat anak lebih tertarik untuk belajar.
3.) Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak
negatif dari telematika, jelaskan!
a) Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya,
tindakan yang disebut carding adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu
kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan
data tersebut untuk keuntungan pribadi.
b) Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
c) Kejahatan telematika merugikan individu, misalnya lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada system computer beberapa internet retailer. d) Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, pada tahun 1995 Julio Cesar Ardita seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data system yang ada di fakultas Arts and Science Universitas Harvard. Cara mengatasi dampak negatif telematika adalah berhati – hati dengan mengecek kebenaran informasi, selektif memilih layanan, jangan mudah terbujuk rayu oleh promo dan iklan iklan di internet, pendampingan serta pengawasan orang tua dibutuhkan jika usia masih dini.
4.) Apa fungsi dari telematika? Jelaskan!
Fungsi telematika Penyampai informasi.
Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatkan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat.
Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar